Tips Bersepeda Saat Pandemi
Umum

Tips Bersepeda Saat Pandemi

Filmelpasado – Penting untuk disadari bahwa kesehatan dan kebugaran jasmani menjadi dasar untuk terhindar dari berbagai penyakit. Apalagi di tengah pandemi Covid-19 seperti sekarang ini, pola hidup sehat dan olahraga teratur menjadi salah satu cara untuk menjaga kesehatan, kebugaran dan daya tahan tubuh. Namun, aktivitas olahraga di tengah pandemi Covid-19 juga telah berubah, dari yoga, zumba, dan senam di YouTube, menjadi tren yang sedang berkembang, bersepeda.

Tak hanya di Indonesia, sepeda disukai masyarakat di seluruh dunia. Bahkan saat ini, sepeda merupakan gaya hidup sehat yang begitu populer di tengah pandemi. Selain itu, bersepeda dapat Anda gunakan sebagai alternatif bagi Anda yang menggunakan ojek online untuk jarak dekat. Seperti diketahui, pemberlakuan Pembatasan Sosial Hebat (PSBB) di berbagai daerah membuat ojek online untuk sementara tidak bisa mengangkut penumpang. Namun, bersepeda selama pandemi Covid-19 sedikit berbeda dengan bersepeda dalam kondisi normal. Banyak hal yang perlu diperhatikan untuk menghindari terpapar virus.

Dan ada 5 tips bersepeda aman di tengah pandemi Covid-19

Pastikan tubuh sehat

Sebelum bersepeda, pastikan tubuh Anda dalam keadaan sehat. Ini penting karena daya tahan tubuh Anda akan terkuras saat bersepeda, jadi pastikan tubuh Anda sehat dan sehat saat bersepeda. Jangan biasakan mengendarai sepeda saat merasa tidak enak badan, apalagi saat sedang sakit, karena sangat berisiko. Virus corona sangat mudah masuk ke tubuh yang sakit karena daya tahan tubuh yang lemah, sehingga mudah tertular virus.

Pilih waktu yang tepat untuk bersepeda

Kedua, saat memilih waktu yang tepat untuk bersepeda, Anda bisa bersepeda pada pagi hari, karena udaranya sangat segar dan dingin atau pada sore hari saat cuaca tidak lagi panas. Untuk memperkirakan waktu Anda sendiri, Anda sebaiknya hanya berkendara 30-60 menit, tidak terlalu lama, jika tidak Anda akan lelah nanti. Paling banter saat ini untuk menyiasati dan berusaha untuk tidak melewati jalan yang sibuk atau macet, karena akan sangat beresiko. Pilih jalan yang tidak terlalu padat agar Anda bisa lebih leluasa berkendara.

Kenakan masker yang nyaman

Selain itu, tips bersepeda aman yang tidak kalah pentingnya yang harus Anda gunakan adalah menggunakan masker yang nyaman dipakai. Sebagai warga negara yang baik, kami mengikuti rekomendasi pemerintah tentang protokol kesehatan dengan membuat masker wajib untuk kegiatan jauh dari rumah, termasuk bersepeda. Karena akan anda gunakan untuk bersepeda yang juga akan berpengaruh pada ketahanan nafas yang anda hirup, sebaiknya gunakan masker nyaman dipakai. Jangan menggunakan masker yang ketat dan kencang, karena Anda akan merasa tidak nyaman saat bernapas hingga kehabisan napas. Gunakan masker yang bahannya bisa menyerap keringat dan juga fleksibel, sehingga mudah menyesuaikannya jika butuh napas lebih.

Lebih baik naik sendiri

Keempat, seperti menjauhkan diri dari masyarakat, Anda juga harus menerapkannya saat mengendarai sepeda. Jika Anda takut pada diri sendiri, undang salah satu teman saja, tetapi tetap jaga jarak saat mengemudi. Mengendarai sepeda bersama hingga dilakukan secara berkelompok terlalu berisiko jika terjadi di saat pandemi tidak dapat dikendalikan. Usahakan juga saat mengajak teman untuk tidak berkendara berdampingan, selain memakan space untuk kendaraan lain juga berbahaya dan rawan penularan.

Jangan berhenti di tempat keramaian

Terakhir, tips bersepeda aman yang perlu Anda gunakan adalah menunda berhenti di suatu tempat karena sangat berbahaya dan berisiko. Anda tidak tahu apakah tempat yang Anda kunjungi itu terlindung dari virus atau tidak, karena virus corona sendiri mampu bertahan di permukaan dalam waktu yang lama. Oleh karena itu jika merasa lelah sebaiknya segera pulang, jangan berhenti.

Alternatif lain, jika lelah selama perjalanan, berhentilah sebentar, tapi jangan ubah posisi dari sepeda, cukup berhenti sebentar dan bikin jersey sepeda. Jangan sampai Anda tertular dari tempat yang ingin Anda singgahi.

Anda mungkin juga suka...