Kelebihan dan Kekurangan Bahan Kain Creepe
Umum

Kelebihan dan Kekurangan Bahan Kain Creepe

Filmelpasado – Kain krep merupakan jenis kain yang memiliki tekstur seperti kulit jeruk. Kata crêpe berasal dari kata Perancis crinkle yang artinya keriput. Bahan jenis ini mulai diproduksi pada tahun 1911, namun produksi crepes masih sangat sedikit saat itu. Hal ini dikarenakan pembuatan kain krep cukup sulit, harga bahan dasarnya juga sangat mahal dan beberapa pabrik pakaian saat itu menyimpan rahasia resep pembuatan kain krep.

Keunggulan kain krep

Kain krep memiliki beberapa manfaat. Berikut beberapa keunggulan yang dimiliki kain krep menurut konveksi seragam.

Memiliki tekstur yang unik

Salah satu khasiat yang dikandung crepes adalah teksturnya yang unik seperti kulit jeruk. Ini adalah ciri atau ciri crepes. Tekstur yang unik inilah yang menjadi daya tarik dari bahan jenis ini.

Memiliki sifat lembut dan elastis

Jika Anda menyentuh kain krep pasti akan terasa lembut, kasar dan elastis, meskipun memiliki tekstur yang kasar, namun bahannya lembut dan elastis. Hal inilah yang membuat kebanyakan wanita merasa ingin terasa lembut dan nyaman saat mengenakan bahan jenis ini.

Bahan material keren

Penggunaan kain krep sangat cocok untuk daerah tropis karena kain krep dapat memberikan rasa sejuk jika dipakai dan nyaman digunakan. Aktivitas harian Anda tidak akan terganggu jika Anda menggunakan crepes; tubuh Anda tidak mudah berkeringat. Dijamin nyaman banget dengan penggunaan pakaian dengan bahan pincang.

Memiliki sifat musim gugur

Hampir semua pancake lentur dan tidak kaku. Jika Anda menggunakan pancake sebagai pakaian sehari-hari, maka sifat turun pancake memiliki hasil yang sangat baik.

Kekurangan Kain Crepe

Meski memiliki banyak kelebihan, namun kain krep juga memiliki beberapa kekurangan, diantaranya serat kainnya mudah rusak saat terkena sinar matahari, apalagi jika terdiri dari campuran. Selain itu, kain rajungan memiliki kain yang berat sehingga mengering terutama pada musim hujan saat dicuci. Tekstur crepes yang berkerikil membuat kulit terasa tidak nyaman saat digunakan.

Tips memilih crepes

Bagi Anda yang ingin membeli dan menggunakan pancake, penting untuk mengetahui cara memilih pancake. Pemilihan kain krep yang salah hanya akan membuat anda menyesal karena harga kain krep ini lebih mahal dari bahan lainnya. Bacalah beberapa tips memilih kain krep yang baik dan benar di bawah ini agar Anda tidak salah pilih:

1. Analisis kebutuhan

Hal pertama yang dapat Anda lakukan untuk memilih kain krep adalah melakukan analisis kebutuhan terlebih dahulu. Kebutuhannya jelas berbeda dari orang ke orang, jadi Anda perlu tahu untuk apa membeli kain krep. Misalnya untuk membuat jas atau blus, Anda perlu memilih kain krep dengan tekstur yang halus. Selanjutnya, Anda juga perlu memahami kemana Anda akan menggunakan busana tersebut. Jika Anda menggunakannya di ruangan ber-AC, Anda bisa menggunakan kain krep dengan bahan yang cukup tebal. Namun, jika Anda menggunakannya di ruangan non-AC, sebaiknya pilih yang bahannya agak tebal.

2. Zat yang jatuh dengan baik

Untuk mempermudah penyiapan, sebaiknya pilih kain krep dengan model jatuh yang bagus. Jika terjatuh, kainnya kurang bagus, kemungkinan kaku dan sulit diikat dengan setrika. Jika tidak menggunakan pakaian yang rapi, justru penampilan Anda kurang maksimal.

3. Menyerap keringat

Tips memilih bahan krep berikut adalah memilih yang bisa menyerap keringat. Ciri khas pancake yang menyerap keringat dengan baik adalah sifatnya yang dingin saat digunakan. Untuk memilihnya coba sentuh kain dengan kulitnya, jika kain terasa kasar dan tidak nyaman digunakan, bisa memilih kain krep lain.

4. Hitung ukuran yang dibutuhkan

Agar tidak kehabisan material, sangat penting untuk menentukan berapa ukuran material yang dibutuhkan. Besar kecilnya bahan ini tergantung dari beratnya, jenis busana yang Anda butuhkan, dan lain sebagainya. Jika ingin menggunakan bahan kain krep untuk membuat celana, bahan yang dibutuhkan lebih dari sekedar rok pendek. Kista yang bertubuh panjang membutuhkan kain yang berukuran lebih besar dibandingkan kista yang bertubuh pendek.

5. Pilih di Toko Tepercaya

Jadi Anda tidak perlu menyesal, tetapi sebaiknya memilih dan membeli kain krep di toko yang memiliki reputasi baik. Toko yang memiliki reputasi baik akan melayani konsumen dengan sebaik-baiknya. Bahkan ada yang menawarkan garansi jika bahannya ternoda, ada tisu yang rusak, dan lain-lain. Anda bisa bertanya kepada teman atau anggota keluarga di mana Anda bisa membeli kain krep yang berkualitas baik, dan pelayanannya tidak mengecewakan.

Sifat kain krep yang berkualitas

Ada berbagai karakteristik kain pincang berkualitas yang perlu Anda ketahui. Pakaian berkualitas terbuat dari bahan berkualitas, jadi penting bagi Anda untuk membeli bahan berkualitas. Kain daging yang berkualitas memiliki serat yang rapi, kokoh dan kuat. Saat ditarik, serat tidak mudah terkelupas atau mudah kusut. Bahkan bahan krep berkualitas tinggi tidak akan luntur jika dicuci dengan cara manual atau dengan mesin cuci. Kain crepe yang berkualitas juga tidak ternoda oleh proses fabrikasi kainnya, sehingga warnanya halus tanpa noda satupun. Jika Anda ingin membuat baju atau workwear, bahan kain crepe yang satu ini bisa Anda pertimbangkan karena dapat membuat seragam terlihat elegan dan berkelas.

Anda mungkin juga suka...